Menghargai Perbedaan, Merawat Keberagaman

9.7.18
KEBERAGAMAN INDONESIA

Keberagaman adalah keniscayaan. Keberagaman adalah takdir Tuhan.

Jadi, barang siapa yang menentang keberagaman, artinya mereka menentang apa yang digariskan Tuhan. Jika  Tuhan ingin manusia memiliki bentuk serupa dari suku dan ras yang sama, tentu Tuhan pasti mampu mewujudkannya. Tetapi ternyata tidak kan?

Kita sudah memahami tentunya, bahwa manusia diciptakan bersuku-suku dan berbangsa-bangsa. Agar kita semua dapat saling mengenal, saling belajar dan saling tolong - menolong.

Namun, yang terjadi? Justru perbedaan menjadi jurang perpecahan. Dengan mudahnya manusia terprovokasi untuk membenci manusia yang lain karena perbedaan yang dimiliki. Merasa eksklusif dengan identitas diri sendiri dan memandang rendah keberadaan orang lain.

Era keterbukaan informasi seperti saat ini ternyata menjadi pisau bermata dua. Informasi tidak benar juga mudah ditemukan dan tersebar. Mereka yang tidak mau melakukan "cek dan ricek" akan mudah terhasut berbagai informasi dengan agenda setting dan framing tertentu. Berbagai kepentingan menunggangi pikiran-pikiran yang miskin ilmu dan dangkal iman. Yang terjadi kemudian, mudah ditebak. Saling beradu, berdebat, memaksakan keyakinanya kepada orang lain dan rela untuk bermusuhan.

Semoga bukan ini yang kita inginkan.

KEBERAGAMAN INDONESIA
Gambar ; yogyakartanews.com

Sudah saatnya, kita sadar diri
Merubah mindset, bahwa dunia ini tempat berbagi
Untuk apa saling tuding kanan kiri
Injak-injak harga diri saudara sendiri
Hanya untuk terlihat tinggi
Namun, dibelakang mendapat caci maki.

Sudah saatnya berubah
Jangan mudah jadi tong sampah
Hobi mengumbar sumpah serapah
Untuk apa berperilaku bedebah
Jika nanti, juga kembali menjadi tanah.

Kita semua bersaudara
Bergandeng tangan membangun Bangsa
Menjadi kuat dan saling berpegang tangan
Tolong menolong dalam kebaikan


-----

#SKYTALK Sebuah catatan dari obrolan di udara dalam Segmen Inspirasi Pagi. Terima kasih sudah hadir berbagi kisah, Mbah Winda Dyah dan Mbak Annisa Safitri dari Duta Cerita Solo.


SARA NEYRHIZA


Baca Episode #SKYTALK lainnya

Dari Blog, Dapet Duit

Sudahkah Menemukan Passion?

Tantangan Homeschooling Masa Kini


Let's be friends!

Instagram | Facebook | Twitter

See you on the next blogpost.

Thank you,

18 comments on "Menghargai Perbedaan, Merawat Keberagaman"
  1. selalu suka dengan tulisan Mbak Sara

    ReplyDelete
  2. Beda beda tapi satu jua.
    Berbeda bukan berarti pecah ya...
    Di jaman serba canggih ini kita jangan mau diperalat oleh sekelompok pemilik ambisi. Perbedaan harus jadi pondasi kekuatan.

    ReplyDelete
  3. suka sedih sih orang zaman skrg itu malas bgt membaca, jadinya sering salah kaprah dan terjadi cekcok. harusnya majunya teknologi, harus makin maju lagi orangnya.

    ReplyDelete
  4. bener mbak, harusnya kita makin mempererat kebersamaan
    saling merangkul bukan saling memukul
    terimakasih atas bacaannya mbak Sarah cantik ^^
    salam kenal
    ku follow ya blog nya

    ReplyDelete
  5. Ini nih yang mesti ditanamkan lagi. Keadaan sekarang rasanya keragaman malah bikin kita terpecah. Semoga acara seperti ini bisa menjadi cara untuk mengikat kembali persatuan negara kita yang beraneka ragam.

    ReplyDelete
  6. ingat selalu kalimat : Bhineka Tunggal Ika, walau berbeda tetap satu. klo ada perpedaan tetap menghargai bukannya mencela

    ReplyDelete
  7. Keberagaman merupakan sunnatullah yang wajib dihormati dan dijaga Jangan sampai karena keberagaman di Indonesia menjadi terpecah

    ReplyDelete
  8. Keberagaman itulah yang membuat indonesia berbeda dan khas ya. Kekayaan yang sangattak ternilai dan menjadi kekuatan besar yang sbenarnya sangat penting untuk bangsa

    ReplyDelete
  9. Nah ya cek dan ricek kudu banget. Sedih eui, kondisi negara sekarang, suka ada perdebatan yg memecah persatuan :(
    Aku blm dengerin siarannya, kutandain dulu ya mbak TFS.

    ReplyDelete
  10. Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh. Semangaaaaat!

    ReplyDelete
  11. Keberagaman itu warna yang akan mewarnai perjalanan hidup manusia kl menurut saya mbak. Yang intinya meskipun berbeda namun tetap satu jua

    ReplyDelete
  12. Salam ya Mba ama duta cerita solo. Moga lain waktu bisa ketemuan langsung. Ku tertunda kemarin ke Solo

    ReplyDelete
  13. Waaaaah keren banget nih mbak Sara, suka cuap cuap di radio juga yaaaa.. Aku setuju banget keragaman indonesia itu memang harus dijaga ya mbak, karena keragaman itulah yang menjadikan Indonesia, Indonesia :)

    ReplyDelete
  14. Perbedaan itulah yang membuat hidup ini lebih indah, Tuhan menciptakan perbedaan dan keberagaman agar manusia bisa berlomba-lomba dalam kebaikan

    ReplyDelete
  15. kita memang gampang dipecah belah, politik adu domba, belajar dari sejarah. tapi kita jangan terpengaruh, ini cobaan, semoga bangsa ini kuat selamanya

    ReplyDelete
  16. Kalau ajaran dikeluarga bagus dan benar. semakin beragam maka semakin tinggi toleransi. Alangkah membosankan kalau semuanya homogen. Semoga Indonesia makin bangga dengan keberagamannya yah

    ReplyDelete
  17. Indonesia itu amazing karena beragam, kaya karena beragam,disatukan pun harus saling menghormati keberagaman. Bukan disatukan dengan satu yang harus sama, ini namanya pemaksaan ya.Pemaksaan ini yamg membuat kita dalam kondisi seperti saat ini

    ReplyDelete
  18. Suka kalimat pembukanya tentang keberagaman dan takdir Tuhan. Benar sekali mba, keberagaman ini harus di jaga sebagai aset bangsa. Indahnya keberagaman dalam.kebersamaan ya...

    ReplyDelete

You made it all the way here! Thanks for reading. :)
Please leave your comment below.

Auto Post Signature