Instagram Story Untuk Riset Pasar. Pemilik Usaha Wajib Tahu!

31.7.18
Instagram Story Untuk Riset Pasar.

Jumlah Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia (UMKM) mencapai 56,5 juta. Data Kementerian Koperasi  tahun 2016 menyebutkan, hanya 9% dari UMKM tersebut yang memanfaatkan e-commerce dengan serius.

Selama ini, para pemilik usaha hanya menganggap kemajuan teknologi informasi sebagai alat untuk membantu promosi saja. Sehingga bukan hal yang aneh, jika akun media sosial para pemilik UMKM hanya menjadi estalase produk yang mereka jual, tanpa adanya strategi promosi yang baik.

Beberapa waktu lalu, saya berkesempatan untuk ngobrol bersama Mbak Bella Zadithya salah seorang digital marketing enthusiast, di Program Inspirasi Pagi, Gesma FM Radio. Beliau sering mengisi beberapa workshop digital marketing yang salah satunya berfokus pada pemanfaatan social media sebagai marketing tools.

Mbak Bella menjelaskan bahwa social media seperti instagram bisa digunakan dalam aktivitas marketing mulai dari tahap riset pasar.

Manfaatkan Instagram Story Untuk Riset Pasar


Instagram story menjadi salah satu fitur instagram yang terus melakukan pengembangan. Fitur terbarunya berupa question dan polling menjadi fitur yang menarik untuk dapat menangkap selera pasar.

Bagi para pemilik usaha, bisa menggunakan fitur ini untuk mencoba mencari tahu tren di masyarakat.

Caranya cukup mudah, hanya dengan mengajukan pertanyaaan melalui instagram story dan biarkan para follower memberikan respon mereka.

Instagram Story Untuk Riset Pasar.

Hal ini sederhana kan dan minim biaya tentu saja. Namun, para pelaku usaha dapat melihat bagaimana pasar mereka menjawab pertanyaan berdasarkan preferensi yang berbeda pada masing-masing orang.

Selanjutnya, sebagai pemilik usaha dapat mencoba menganalisis, apa yang sebenarnya dibutuhkan masyarakat. Sehingga ketika menghasilkan produk nantinya, produk tersebut dapat memenuhi selera dan kebutuhan pasar.

Jika langkah ini di rasa masih cukup sulit untuk diikuiti para pengguna media sosial yang masih awam, para pemilik UMKM bisa melakukan pengamatan melalui fitur explore di instagram. Fitur ini juga memungkinkan kita melihat apa yang menjadi tren di masyarakat. Misalnya fenomena donat indomie atau ice kepal milo beberapa waktu lalu. 

Instagram Story Untuk Riset Pasar.


Selain kebutuhan akan riset pasar, instagram juga dapat memberikan gambaran akan aktivitas kompetitor. Amati akun kompetitor untuk menyusun strategi promosi yang menarik.

Baca Juga : Lihat Kepribadian Melalui Postingan Instagram

Promosi Efektif dengan Social Media


Bermain social media memang menyenangkan. Namun, untuk pemilik usaha yang ingin menjalankan social medianya secara efektif sebagai media promosi perlu lebih kritis dalam memilih social media yang digunakan.

Jangan karena sekarang sedang hits menggunakan instagram, lantas ikut-ikutan menggunakan padahal produk yang dijual tidak sesuai. Contoh, jika Anda adalah pemilik usaha pupuk untuk tanaman, pilihan menggunakan blog atau website di rasa lebih tepat dari pada menggunakan media social instagram atau twitter untuk promosi.

Maka selanjutnya, Mbak Bella memberikan beberapa tips dalam melakukan promosi efektif melalui social media, yakni :

1. Kenali terlebih dahulu siapa target market dari produk
2. Pilih social media yang sesuai dengan target market tersebut
3. Optimalkan konten di social media mulai dari gambar dan tulisan
4. Berikan informasi yang jelas terkait usaha dan produk yang dijual
5. Lakukan secara konsisten setiap hari 

Kesadaran akan penggunaan media digital untuk mengembangkan usaha sebaiknya segera dilakukan para pemilik usaha. Tentu saja, agar bisnis yang mereka jalani dapat meraih pasar yang lebih luas. Hasilnya, pendapatan akan lebih meningkat.

Baca Juga : Promosi Produk Fashion di Instagram


Media digital dengan memanfaatkan internet memang dirasa lebih mudah dan murah. Namun, yang perlu diperhatikan adalah bagaimana media digital tersebut dapt digunakan secara efektif sesuai dengan goals yang diinginkan.

sara neyrhiza


Let's be friends!

Instagram | Facebook | Twitter

See you on the next blogpost.

Thank you,

15 comments on "Instagram Story Untuk Riset Pasar. Pemilik Usaha Wajib Tahu!"
  1. Instagram memang punya potensi tinggi dalam marketing dan promosi..
    Thanks mba, bermanfaat infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, selain mudah, juga minim modal. hanya perlu kerativitas yang baik agar pesan yang disampikan mampu mencapai audience dengan tepat

      Delete
  2. Insta Story luar biasa ya dampaknya buat bisnis saat ini. Pun banyak hal hal lain juga yang bermanfaat yang bisa dilakukan ya.

    ReplyDelete
  3. Wow, makasih ilmunya Sara, selama ini belum memaksimalkan media sosial, ternyata bisa jadi ajang survei, ya

    ReplyDelete
  4. Senang memang mainan ig kita kayak punya etalase toko sendiri, bisa pajang sesuka hati dan menarik pembeli tentunya. Ig salah satu trik promosi juga.

    ReplyDelete
  5. Iya jangan sampai pelaku ukm punya IG karena biar kekinian saja.
    Ada ilmunya ternyata biar sukses usahanya ya. Tipsnya saya ikuti juga. Siapa tahu kedepannya saya punya usaha, heheh...

    ReplyDelete
  6. Aku belum terlalu bisa manfaatkan instagram story niy. Musti banyak2 nyoba.
    Dan ternyata banyak manfaatnya buat yang punya usaha ya

    ReplyDelete
  7. Instagram Story ternyata banyak manfaatnya nya ya...sangat membantu nih untuk yg punya usaha buat bikin Instagram biar bisa promosi usaha nya biar lebih maju

    ReplyDelete
  8. Instagram makin kesini makin ngerti apa yang dibutuhkan pengguna. Bukan hanya mendengar personal user tapi juga bisnis user. Salah satunya dengan adanya fitur baru yaitu ask me question. Makin maksimal deh buat bisnis.


    Semoga instagram bisa terus menambah banyak fitur baru bermanfaat lainnya bagi Pengguna.

    ReplyDelete
  9. Media sosial memang dinilai paling joss buat promosi terutama instagram ya. Sibanding media sosial lainnya, instagram yang paling diminati.

    ReplyDelete
  10. Setuju!

    Media sosial memang jadi sarana promosi gratis dengan keuntungan berlipat bagi brand. Semoga saja semua pihak yang terlibat bisa memanfaatkan sarana ini dengan bijak*

    ReplyDelete
  11. Belum memanfaatkan instagram untuk bisnis nih, insta story juga hanya untuk kegiatan pribadi dan blogger aja... ke depan pengen juga memanfaatkannya utk bisnis.

    ReplyDelete
  12. Fitur question dan polling di IG itu aku blm memanfaatkan dengan baik hehe.
    Tapi pengen jg kapan2 makai. Meski bukan buat bisnis, mungkin buat polling pembaca bog mau ditulisin artikel ttg apa xixixi

    ReplyDelete
  13. saya masih malas-malasan nih posting di instagram. sepertinya mulai saat ini harus lebih rajin dan giat lagi, kali aja di masa mendatang bisa lebih "menghasilkan", hehehe

    ReplyDelete
  14. Media sosial menjadi tempat Promosi yg menguntungkan banget mbak. Yg terpenting kita si penjual/ promosi bisa bersikap jujur dgn produk yg ditawarkan agar calon pembeli tdk kabur

    ReplyDelete

You made it all the way here! Thanks for reading. :)
Please leave your comment below.

Auto Post Signature