Guru Masa Kini, yang Seperti Apa?

2.4.18
Teknologi semakin maju, murid yang lebih pintar dan guru yang harus lebih kretif menjadi tantangan saat ini bagi dunia pendidikan. Inilah sebuah gambaran ketika, saya berdiskusi di udara bersama Mbah Heni Surya dan Mbak Yulia dari Komunitas Guru Belajar Solo Raya di segmen Insiprasi Pagi, Radio Gesma FM. 

SARA NEYRHIZA

Siswa Zaman Old vs Siswa Zaman Now


Teknologi memberikan kemudahan kepada para siswa untuk mengakses berbagai macam informasi. Dampaknya, siswa menjadi lebih kaya akan referensi dan wawasan. Salah satu perubahan perilaku yang terlihat, yakni para siswa cenderung lebih kritis dalam menerima pengajaran di sekolah. Meraka akan lebih aktif dalam memberikan analisis dan tanggapan terhadap pengetahuan yang mereka terima.

Berbeda dengan murid zaman dahulu yang lebih pasif di sekolah. Mereka lebih banyak menggunakan referensi dari guru dan buku dalam menambah pengetahuan mereka.Teknologi sudah ada, namun tidak banyak merubah perilaku keseharian para siswa. Ritme kegiatan belajar mengajar juga cenderung monoton. Siswa hadir, duduk manis di bangku, mendengarkan penjelasan dari guru, mengerjakan PR dan ulangan, ujian dan selesai.

Karakteristik siswa yang berbeda inilah menuntut guru yang mengajar di sekolah untuk berubah. Berubah dalam metode pengajaran mereka. Jika guru masih menggunakan model yang sama seperti dulu, jangan heran jika murid menjadi bosan dan hilang semangat belajarnya. Murid akan mencari kesenangan belajar lainnya melalui media internet tanpa memiliki kemampuan filter terhadap berbagai informasi yang mereka dapatkan.

Lantai, bagaimana sosok guru masa kini yang disukai para murid?


Obrolan saya bersama Mbak Heni dan Mbak Yulia masih terus berlanjut. Saya cukup penasaran, bagaimana kemudian guru-guru di sekolah bertransformasi menjadi "Guru yang Kekinian". Apa saja yang para guru lakukan untuk mengimbangi para murid mereka atau bahkan selangkah lebih maju dari murid mereka?


1. Guru masa kini, mengikuti perkembangan teknologi


Guru zaman now dilarang untuk gaptek. Melalui teknologi guru juga dapat mengakses informasi lebih dahulu sehingga mereka mendapatkan referensi yang banyak untuk mengajar. Guru tidak hanya menambah wawasan dari buku, namun mereka juga harus terbuka dengan berbagai jurnal penelitian, e-book, diskusi online hingga video-video di youtube yang bermanfaat.

Melalui teknologi guru juga dapat mengamati aktivitas para siswanya, termasuk juga berkomunikasi dengan wali murid di rumah.

2. Guru masa kini, memahami murid


Setiap anak adalah unik. Penting bagi guru untuk memahami murid mereka satu per satu. Apa yang menjadi minat dan fokus para murid. Tentu saja, tidak semua murid memiliki kesenangan yang sama akan matematika, atau dengan bahasa atau dengan seni. Guru masa ini harus mempu membaca potensi dari anak didiknya. Sehingga guru dapat memfasilitasi para murid dalam belajar.

3. Guru masa kini, berkolaborasi


Perlu adanya perubahan dalam model belajar mengajar. Guru dapat melibatkan muridnya untuk belajar bersama. 

Bukan lagi zamannya guru berdiri di samping papan tulis dari awal hingga akhir kelas. Namun sudah saatnya guru melibatkan murid dalam aktivitas belajar yang kolaborati dan menyenangkan. Contohnya seperti aktivitas eksperimen, outingclass dan lain sebagainya.

SARA NEYRHIZA

Dengan berkembangnya metode belajar mengajar dari guru dan murid zaman now, diharapkan akan mampu mencetak generasi yang jujur. Jujur akan potensi diri masing-masing. Para murid akan lebih memahami siapa diriya, apa potensinya apa minat belajarnya. Sehingga ketika sudah lulus dari sekolah, murid akan lebih terarah dan memahami tujuan hidup atau karir pekerjaan mereka.

Tidak mudah memang menjadi guru masa kini. Mereka dituntut untuk selalu belajar dan belajar. Namaun, saya pribadi percaya bahwa proses mendidik dan mengajar adalah sebuah pengabdian dan cita-cita. Dengan misi mencetak generasi yang lebih baik di masa depan.



#SKYTALK EPISODE 2
Catatan Siaran Sara Neyrhiza di segmen Inspirasi Pagi, Program Gesma Kirana.
Kamis, 29 Maret 2018
Pukul 09.00- 10.00 WIB
97.6 GESMA FM 

SARA NEYRHIZA



2 comments on "Guru Masa Kini, yang Seperti Apa?"
  1. Setuju banget, Mak.. Guru jaman now nggak boleh kalah update dari muridnya. Mesti terbuka juga dengan beragam teknologi baru. 😊

    ReplyDelete
  2. Jadi guru juga wajib up to date ya Mbak! Selalu salut sama profesi satu ini. Apalagi perkembangannya dinamis sekali dan mereka dituntut untuk mengimbangi

    ReplyDelete

Terima kasih ya sudah berkunjung dan berkomentar.
Maaf, komentar dengan link hidup akan dihapus.

Salam

Auto Post Signature