Pengalaman Menyusui Hingga 3 Tahun Ditemani Medela Swing Maxi

24.4.18

MEDELA SWING MAXI REVIEW


Beneran, menyusui anak selama 3 tahun? IYA, Betul!

Jika menceritakan fase menyusui anak, setiap ibu memiliki kisahnya masing-masing. Begitu pula dengan saya.

Di dua hari pertama setelah Lila, anak saya, lahir, saya mengalami stres karena ASI (Air Susu Ibu)  belum juga keluar. Dalam dua hari tersebut,  Lila tetap berpuasa, alias tidak minum apapun termasuk sufor. Saya percaya bahwa 72 jam setelah kelahirannya, bayi dapat bertahan hidup tanpa minum ASI. Namun, tentu saja dengan pemeriksaan medis yang menyatakan bayi dalam kondisi sehat.

Pada saat menunggu ASI keluar, saya tidak tinggal diam. Saya melakukan berbagai stimulasi internal maupun eksternal. Internal seperti banyak makan sayuran, minum sari kacang hijau dan minum suplemen pelancar ASI.

Stimulasi eksternal yang saya lakukan yakni dengan selalu menyusui bayi (meskipun belum keluar ASInya). Proses ini sekaligus menjadi bonding bagi Ibu dan bayi melalui kontak skin to skin. Salah satu dampaknya, saya menjadi bahagia. Hormon oksitosin membuat stres saya menghilang dengan perlahan. 

Selain itu, saya juga lakukan pengompresan dan pemijatan pada payudara untuk membantu memperlancar keluarnya ASI.

Alhamdulillah, pada hari ketiga ASI sudah dapat keluar dan dapat menyusui dengan baik.

Menyusui Bayi bagi Ibu yang Bekerja

Saya berkomitmen menyusui anak hingga minimal 2 tahun. Sekali lagi saya percaya bahwa ASI adalah dukungan nutrisi terbaik yang dapat ibu berikan untuk anaknya. Fase 6 bulan awal adalah yang paling krusial. Itu mengapa mengupayakan ASI eksklusif menjadi sebuah tantangan yang harus dilewati.


Bagaimana ketika saya harus bekerja?


Setiap hari, saya harus meninggalkan anak saya selama 4-6 jam untuk kuliah dan bekerja saat itu. Tentu saja saya tidak dapat pulang ke rumah untuk menyusui secara langsung. Maka, cara terbaik yang bisa saya lakukan adalah dengan menyiapkan ASIP alias Air Susu Ibu Perah

Jadi ketika saya pergi, bayi saya akan minum ASIP. Saat saya sudah di rumah, saya dapat menyusui anak saya secara langsung.

Cara Memerah ASI


Berdasarkan riset yang saya baca, bahwa konsep produksi ASI pada payudara Ibu adalah supply by demand. Artinya semakin banyak permintaan semakin banyak ASI akan diproduksi. Selain dengan menyusui bayi secara langsung, memerah payudara dengan breast pump menjadi salah satu solusi.

Jadi sebenarnya, memerah ASI tidak hanya bisa dilakukan oleh working mom yang tidak dapat menyusui anaknya secara langsung. Namun, juga bagi ibu manapun yang ingin proses siklus produksi ASI di payudara dapat optimal.

Memerah payudara bisa dilakukan secara langsung dengan tangan. Sayangnya, proses ini selain menyakitkan (terutama ketika payudara sangat penuh), juga membutuhkan waktu yang lama. Maka yang saya butuhkan adalah breast pump alias pompa ASI.

Memilih pompa ASI jangan sembarang! Salah satu yang jadi pertimbangan Ibu Pintar dalam memilih pompa ASI, adalah memilih produk yang telah teruji secara klinis. Salah satunya breast pump Medela Swing Maxi.

MENYUSUI ANAK 3 TAHUN

Produk ini telah memiliki izin edar dari Kementerian Kesehatan RI. Informasi ini, juga tertera pada kemasannya lho. Selain itu, merek Medela yang diproduksi di Swiss ini telah dipercaya di berbagai rumah sakit dan tenaga medis lainnya baik itu di Eropa, Amerika maupun Asia.

Medela Swing Maxi aman? Jelas aman dan efisien waktu!


Kok Bisa?

Jadi, Medela Swing Maxi ini adalah model breast pump elektrik. Medela Swing Maxi bisa dioperasikan baik menggunakan listrik rumah maupun dengan baterai. 

Selain itu, produk ini memiliki double pump. Pompa ASI ini bisa langsung dipasang pada 2 payudara sekaligus atau hanya 1 payudara saja. Jadi hemat waktu kan?

MENYUSUI ANAK 3 TAHUN



MEDELA SWING MAXI REVIEW

MEDELA SWING MAXI REVIEW




Jadi, menggunakan Medela Swing Maxi bisa double pumping. Double Pumping  itu juga memberikan manfaat, seperti

☑️ ASIP yang dihasilkan lebih banyak sampai dengan 18% dibandingkan single pumping.

☑️ ASIP yang diproduksi lebih banyak mengandung energi. Jadi, ketika ASI dipompa dia tidak hanya mengeluarkan foremilk tetapi juga hindmilk.

Foremilk adalah ASI yang pertama kali keluar saat sedang menyusui. Air susu tampak tak berwarna, kadang sedikit kebiruan. Foremilk mengandung laktosa yang penting bagi pembentukan otak bayi, kekebalan tubuh, pembentukan saraf dan memenuhi kebutuhan bayi terhadap air minum.  
Hindmilk adalah ASI yang keluar setelah beberapa saat menyusui (biasanya sekitar 5 menit). Hindmilk berwarna putih karena mengandung lebih banyak lemak dibandingkan foremilk sehingga bayi akan mendapatkan cukup energi dan merasa kenyang seharian.
☑️  Pengosongan payudara lebih optimal sehingga proses siklus produksi ASI lebih lancar.
☑️ Meningkatkan level hormon prolaktin yang menstimulasi lebih banyak produksi ASI.
☑️ Dua kali lebih cepat dibanding single pumping untuk hasil ASIP yang sama

Selanjutnya, inilah tahap-tahap yang saya lakukan dalam memerah ASI. 


✔️ Pertama, cuci tangan yang bersih dengan sabun. Tidak perlu mencuci payudara, cukup cuci tangan saja. Hal ini terlihat sepele, tetapi kita tahu bahwa tangan yang tidak bersih dapat menjadi transformer virus dan bakteri penyebab penyakit.

✔️ Kedua, lakukan pemijatan 1 sampai 2 menit pada masing-masing payudara, terutama ketika payudara sedang penuh. 

Pemijatan payudara membantu agar aliran ASI dapat keluar dengan lancar. Kalau saya pakai Medela Swing Maxi, saya bisa merasakan pijatan otomatis selama 2 menit setelah dipencet tombol ON

Wah, ini enak banget lho, dan nggak perlu repot. 

Setelah massage phase ini selesai, baru proses pumping dimulai.

✔️ Ketiga, memerah ASI. Jika menggunakan breast pump manual saya membutuhkan waktu 15-20 menit untuk masing-masing payudara. Tetapi kalau menggunakan Medela Swing Maxi, saya hanya butuh 10 menit untuk dua payudara sekaligus.

Proses pumping dengan Medela Swing Maxi ini juga nyaman banget. Saya bisa menyesuaikan secara manual kekuatan hisapan, dengan menekan tombol (+) dan (-) pada mesinnya. Yang saya suka juga, Swing Maxi ini mesinnya nggak berisik. Kalau lagi pumping, dan si kecil sedang tidur di samping kita, nggak bikin dia bangun.

MENYUSUI ANAK 3 TAHUN

Eh iya,  boleh juga lho pumping sambil memakai Easy Expression Bustier. Itu lho, yang bentuknya seperti korset. Proses memerah ASI tanpa perlu repot memegang dengan kedua tangan. 
Ya ampun ini enak banget, kedua tangan  masih bisa ngetik di laptop, Medela Swing Maxi sudah bekerja sendiri. ;)

✔️ Keempat, siapkan wadah untuk menyimpan ASI perah. Bisa botol kaca, bisa juga langsung dimasukkan ke botol susu/dot. Jika ingin disimpan di freezer ASIP bisa dimasukkan ke dalam botol kaca yang sudah steril. Jika ingin langsung diminumkan ke bayi, ASIP bisa langsung dimasukkan ke dalam dot.

Kalau pakai Medela Swing Maxi malah jadi lebih fleksibel. Setelah proses memompa ASI selesai, saya bisa langsung menyimpan ASIP ke dalam botol. Botol Medela sudah dilengkapi dengan tutup botol masing-masing. Jadi ASIP tetap terjaga higienitasnya ketika disimpan  didalam kulkas.

MEDELA SWING MAXI REVIEW


MENYUSUI ANAK 3 TAHUN



✔️ Kelima, bersihkan alat pompa ASI setelah digunakan untuk menghindari bakteri dan jamur. Ibu Pintar juga harus menjaga higienitas pompa ASI yang digunakan ya.

Oiya, saya nggak perlu khawatir, ternyata Medela Swing Maxi selain mudah dilepas dan dirakit, juga mudah dibersihkan setelah dipakai. Cuci saja seluruh bagian kecuali pada mesinnya.

Caranya : 

1. Lepaskan bagian-bagian dari pompa satu per satu.
2. Siapkan air hangat campur sabun cair.
3. Cuci seluruh bagian pompa ASI.
4.Setelah bersih, lalu keringkan. Bila perlu, keringkan menggunakan sterilizer bersama-sama dengan botol penyimpan ASIP. Tak perlu mensteril bagian pompa dengan cara merebusnya.
5. Setelah steril, rangkai kembali pompa dan simpan di tempat yang kering dan bersih.

MEDELA SWING MAXI REVIEW



Nah, itu tadi aktivitas yang saya lakukan dalam mempersiapkan ASI perah untuk Lila, ketika saya tinggal kuliah dan bekerja. Saya tidak perlu banyak ribet, karena menggunakan Medela Swing Maxi membuat proses memerah ASI menjadi mudah dan efisien waktu. Bukan hanya saat proses memompa ASI saja, menyimpan dan meminumkan ASIP ke bayi juga gampang. Termasuk saat membersihkan pompa ASInya juga.

Waktu yang Tepat Memerah ASI


Waktu terbaik memerah ASI akan berbeda-beda untuk tiap ibu. Untuk saya, bangun tidur di pagi hari dan saat pulang kerja adalah waktu terbaik. Karena pada saat itu, kondisi payudara sedang penuh-penuhnya. Jadi ketika dipompa akan mengeluarkan hasil yang banyak.

Jika working mom harus meninggalkan anaknya hingga sore, penting juga untuk memerah ASI saat di kantor. Kalau menggunakan Medela Swing Maxi, kita dapat mudah menggunakannya tanpa perlu listrik rumahan karena Medela Swing Maxi dapat digunakan dengan baterai. 

MENYUSUI ANAK 3 TAHUN



Saya bersyukur mendapatkan pompa ASI yang bagus dan tepat. Medela Swing Maxi menemani proses saya memberikan ASI dengan optimal. 

Aktivitas menyusui dan memerah ASI ini terus saya lakukan hingga Lila berusia 3 tahun. Saya sendiri menggunakan konsep Weaning with Love, menyapih dengan cinta. 

MENYUSUI ANAK 3 TAHUN



Biarlah proses menyapih anak berjalan dengan natural tanpa banyak intervensi. Ketika saya merasa frekuensi menyusu Lila semakin berkurang, disitulah saya menyadari bahwa produksi ASI saya juga semakin sedikit. Hingga akhirnya, ASI saya berhenti produksi bersamaan dengan berhentinya anak saya menyusui. 

Saya tidak merasa kehilangan kedekatan dengan anak karena proses menyusui berakhir dengan alami. Saya mengakhiri proses menyusui anak selama 3 ini dengan bahagia. :)



50 comments on "Pengalaman Menyusui Hingga 3 Tahun Ditemani Medela Swing Maxi"
  1. Tahapan dalam pompa ASI banyak juga yah mbak. Selalu higienis dan bersih. Jadi pengetahuan baru nih buat saya kelak ke depannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak karena ASI dikonsumsi bayi, higienitas itu penting banget

      Delete
  2. Wah waktu jadi ingdt masa2 ngehar stok asip mbak. Benar-benar perjuangannya seorang ibu banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi pengalaman repot sekaligus indah ya

      Delete
  3. Ya ampun enak banget Mbak... Saya dulu pakai manual. Harus megangin terus pakai dua tangan. Pernah ngerasai pakai pompa elektrik pas anak dirawat di NICU RS. Dan emang pakai elektrik lebih nggak capek kitanya. Apalagi ini bisa buat dua PD ya? Dijamin hindmilk foremilk bisa keambil buat si kecil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak, nggak capek. Apalagi pake bustiernya juga .
      Kalau 2 PD dipompa seimbang, bisa nggak bikin besar sebelah juga ya

      Delete
  4. Salut saya sama Ibu-ibu seperti Mba Sara yang terus memberikan ASI untuk buah hatinya apalagi sampai 3 tahun lamanya :)

    Begitulah Ibu, meski sibuk tapi tetap semuanya disiapkan dengan baik supaya persediaan susu untuk buah hatinya tersedia. Salut!

    ReplyDelete
    Replies
    1. ASI investasi jangka panjang mas. Repot di awal, insya Allah untuk seumur hidup anak

      Delete
  5. jaman sekarag sudah ada alat ini
    jadi tak perlu risau untuk pumping ASI
    bagaimanapun,ASi eksklusif adalah pilihan utama bagi bayi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju..buat ibu-ibu jangan menyerah pastinya. Didukung ayah juga

      Delete
  6. Aih, bisa pompa ASI kiri kanan, bisa hemat waktu nih.

    Ternyata tahapan untuk pompa ASI lumayan panjang juga ya. Demi ASI berkualitas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Initinya pada menjaga kebersihan.. Kebersihan tangan dan alat

      Delete
  7. Wah serius mba sampe 3 tahun ? Salut.. Aku yg 2 tahun aja sempet megap-megap . Xixixiix . Tapi memang pengalaman menyusui itu luar biasa buat seorang ibu. . Sukses terus mbaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. 3 tahun, tapi masih ada yang suka curi-curi kesempatan sampai sekarang. 3 tahun 3 bulan. Mungkin karena kebiasaan sekian tahun lamanya, jadi susah untuk bener2 berhenti menyusu secara total.

      Semoga pengalaman kita bermanfaat ya mbak

      Delete
  8. Saya juga pernah pumping untuk menggenjot produksi asi. Sayangnya setelah berhasil malah berhenti.
    Terkendala di alat sih salah satunya. Huhhuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga pakai Medela Swing Maxi ini dapat membantu mbak. . Mungkin bisa baby selanjutnya :)

      Delete
  9. Bagus ya pompa ASI nya, jaman saya dulu saya engga menemukan alat pompa ASI yg enakeun, untungnya saya sudah resign saat hamil jadi gak perlu dipompa.. Kalau sekarang ibu pekerja sudah ada pompa ASi yang nyaman ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, semakin lama makin canggih ya mbak alat2 pendukung menyusi ibunya..kaya Medele ini

      Delete
  10. Wajib di baca nih buat ibu ibu muda dan sedang hamil maupun menyusui. Asi penting banget buat pertumbuhan dan perkembangan anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bermanfaat buat para calon ibu dan ibu muda...

      Delete
  11. Wajib di baca nih buat ibu ibu muda dan sedang hamil maupun menyusui. Asi penting banget buat pertumbuhan dan perkembangan anak

    ReplyDelete
  12. Aku aku pernah nyobain pompa medela ini. Emang oke banget, terutama buat working mom, bisa pumping sambil ngetik di meja kantor. Wah keren bisa menyusui sampai 3 tahun lamanya, moga anaknya tumbuh cerdas yaaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener asyik kan mbak...kita kerja, Medela ini juga kerja sendiri..hiihhi

      Amin, mbak...semangat terus memberi nutri maksimal untuk anak

      Delete
  13. Wah jos banget nih, bisa menyusui sampai 3 tahun, istri saya ga sampai 3 tahun nyusui anak lanang. hiks. but its ok

    ReplyDelete
  14. selama ini baru punya beberapa pompa manual, ada yang dapet kado, lungsuran dan beli sendiri.. tapi kok aku nyamannya perah pakai tangan ya, belum coba sih sama medela ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perah pakai tangan kalau saya jadi kelamaan mbak..Mungkin bisa next coba Medela ini

      Delete
  15. informasi baru buat aku ni kak, makasih ya jadi paham tentang per-asi-an dan pumping pumpingan heheh

    ReplyDelete
  16. Alat ini merupakan senjata andalan bagi ibu bekerja ya Mba. Memudahkan. Apalagi jika alatnya medela, sangat mengerti yang ibu perlu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak, membantu sekali dalam menyiapkan ASIP. Karena pumping harus dilakukans etiap hari

      Delete
  17. Saya blum pernah pompa asi. Blum punya baby.
    Tapi serap ilmunya sekarang gak apa2 sih buat nambah ilmu saat jadi busui nanti. Alatnya canggih banget ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju mbak. Bisa nabung juga mulai sekarang. Jadi saat nantu sudah dibutuhkan, kita sudah menyiapkan Medela untuk membantu menyiapkan ASIP untuk anak

      Delete
  18. Terima kasih Mbak Sara, setelah baca artikel ini jadi yakin beli Medela. Harga sesuai kualitas ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentu mbak..apalagi produk Medela ini awet juga. Jadi keluar biaya, jelas manfaatnya

      Delete
  19. Medela swing maxi harganya berapa mbak?
    Salut dengan ibu yang mau berjuang memberi ASi untuk huah hatinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa di cek di berbagai e-commerce mbak.. mulai 2,5 juta

      Delete
  20. Wah pas banget lagi pumping baca tips2 ini. Kmrn sempet drama pumping juga. Jempol banget, Lila bisa nyusu sampe 3th. Mg aku juga lulus nyusuin

    ReplyDelete
    Replies
    1. semangat terus ya mbak Aya..demi investasi ke depannya

      Delete
  21. Canggih y pompa ASI zaman sekarang. Tp bener si, ada harga ada rupa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak..Medela ini awet kok. Bisa untuk anak kedua juga

      Delete
  22. Wah, baru kenal merek pump yang satu ini. Jaman anak saya bayi jarang pumping. Dulu pernah punya pump yang manual tapi bentar doang dipakai. Dia lebih nyaman nyusu langsung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang pasti produk Medela ini sudah terpercaya mbak

      Delete
  23. Bisa canggih banget ya Medela Swing Maxi ini..

    Mbak Sara kalau lagi pumping bisa berapa lama sampai penuh 1 botol?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung kondisi payudara mbak. Kalau sedang full, sepulu menit udah penuh 1 botol

      Delete
  24. Informasinya bermanfaat banget buat calon ibu dan ibu baru, Mak.. aku belum pernah nyoba ini. Dulu pakenya pompa ASI manual. 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siapa tahu nanti anak ke 3 pakai Medela swing Maxi ini ya mbak

      Delete
  25. Pompa Asi ini dipakai sama temenku dan emg bagus katanya. Memang recomended ya Medela ini.

    ReplyDelete
  26. Betul mbak..menyusui jadi menyenangkan dengan medela

    ReplyDelete

You made it all the way here! Thanks for reading.
Please leave you comment below.

Auto Post Signature