Cara Efektif Promosi Melalui Instagram

7.4.18
Hampir setiap hari kita melihat iklan di instagram. Ada yang mempromosikan akun personal miliknya, ada juga akun official perusahaan, usaha atau bisnis. Beberapa cara dilakukan untuk menggaet perhatian follower. Mulai dari memajang foto produk, mengunggah portofolio karya hingga membuat video explainer berdurasi satu menit.  Ada yang bertujuan agar merek dikenal masyarakat. Tetapi, banyak juga yang berharap agar penjualan produk dapat meningkat. Lalu, apakah benar promosi melalui instagram itu efektif? 


Meningkatkan Penjualan Melalui Instagram


Instagram mengklaim telah memiliki 700 juta pengguna. Selain akun personal, instagram juga menjadi social media yang wajib digunakan para marketer. Berdasarkan data  Sprout Social Q2 2017 Index, 60% millennials dan  67% Gen X melakukan pembelian produk dari akun instagram brand yang mereka follow.

Artinya, feed instagram tidak hanya memberikan dampak pada brand awareness terhadap followernya. Namun, juga mampu mempengaruhi niat dan keputusan pembelian ( purchase intention & purchase decision). 

Hayo, siapa yang sering ngiler lihat barang-barang lucu di instagram?

Kamis, 5 April 2018, saya sengaja mengundang rekan saya Aldita Prabandari, pemilik brand Pin Button.co yang memproduksi sekaligus menjual kemeja perempuan. Di dalam program talkshow radio yang saya pandu, Aldita menceritakan bagaimana dia membangun dan mengelola aktivitas promosi produknya di instagram sejak tahun 2013.

Aldita menjelaskan, bahwa instagram berjasa banyak sebagai media promosi produknya. Instagram menjadi estalase dunia maya. Dia dapat memajang semua produk yang dijual, memberikan informasi produk, termasuk juga  memberikan informasi promo-promo penjualan.

Bekembangnya market place saat ini juga memberikan banyak keuntungan. Sebelumnya, transaksi dilakukan secara mandiri melalui aktivitas transfer antar rekening penjual dan pembeli. Namun, saat ini, market place menjadi saluran transaksi. 

Para pembeli terlebih dahulu mengecek barang melalui instagram. Kemudian pembeli menyelesaikan transaksi melalui market place untuk mengambil promo seperti potongan harga atau free biaya ongkir. Dengan syarat, online shop  juga memiliki akun di market place tersebut.

Mengapa Promosi di Instagram


Obrolan saya dengan Aldita masih terus berlanjut. Aldita kembali menjelaskan bahwa dengan jumlah user instagram yang begitu banyak, mempermudah produknya untuk dikenal. 

Selain itu, biaya yang dikeluarkan juga relatif murah. Meski demikian, perlu adanya kreativitas dalam mengemas suatu promosi yang menarik. Termasuk bagaimana membuat konten visual yang "eye catching"

https://maximizesocialbusiness.com/4-benefits-advertising-instagram-26853/

Nah, jika ada dana berlebih bisa juga memanfaat fitur "promote" berbayar di instagram.

People react better to images and videos than texts and slogans.

Cara Promosi Melalui Instagram


Pertama, untuk menjalankan instagram secara profesional, perlu mengubah pengaturan akun dari personal ke bisnis. 

Mengapa demikian? 

Karena akun bisnis menyediakan fitur  "insight" yang memberikan informasi statistik engagement (interaksi) dengan follower. Hal ini bermanfaat dalam mengukur keberhasilan promosi itu sendiri. Apakah sudah tepat sesuai dengan target yang diinginkan.

Berikut ini ada beberapa tips promosi di instagram agar lebih efektif.

1. Pilih username akun instagram yang mudah, simple dan searchable


Hal ini dilakukan untuk mempermudah calon pelmbeli menemukan akun instagram pada fitur Instagram Explore. Gunakan juga nama yang sama dengan username akun social media lainnya.

2. Berikan informasi lengkap pada kolom biodata


Informasi ini termasuk kontak untuk melakukan transaksi,  lokasi penjual (asal pengiriman barang), jam buka toko dan lain sebaginya.

3. Integrasikan dengan market palce


Jika memiliki akun market place, sematkan URL/ link akun marketplace pada bagian website di kolom biodata, agar calon membeli dapat diarahkan langsung menuju market place yang kamu miliki.


4. Siapakan konten yang baik


Tampilkan foto atau desain produk yang baik yang mampu mencerminkan secara visual kualitas produk yang dijual. Upload foto yang cerah dan jelas, agar detail barang yang dijual dapat terlihat .

5. Lengkapi caption


Gunakan kolom caption untuk memberikan informasi detail barang seperti warna, ukuran, dll. Meski pada foto mungkin sudah disertakan, ulangi informasi tersebut pada kolom caption. Berikan detail informasi lainnya yang dibutuhkan. Seperti ketentuan garansi, dan lain sebagainya.

6. Manfaatkan hastag


As a rule of thumb, hashtags are a great source of discovery on Instagram. Whether you want to increase your visibility or find exactly what you’re looking for, hashtags for Instagram are the best way to do so.

Gunakan hastag yang sesuai dengan produkmu, untuk memberikan kesempatan lebih banyak produk dan akun instagram ditemukan oleh calon pembeli.

Hal ini juga sesuai dengan salah satu kebiasaan saya. Ketika saya sedang mencari produk di instagram, saya akan melakukan pencarian melalui hastag. Misal dengan hastag #Jualtasmurah #Jualsepatu original untuk menemukan para penjualnya.


Nah, jika kita yakin menggunakan akun instagram sebagai media promosi, beberapa hal di atas dapat membantu membuat promosi di instagram menjadi lebih efektif. Oiya, jangan lupa untuk selalu berkreativitas menghasilkan konten yang menarik. Juga berinteraksi dengan pelanggan ataupun calon pembeli sehingga mereka akan melakukan pengulangan pembelian (repurchase).


#SKYTALK EPISODE 3 bersama Owner Pin Button.co

Catatan Siaran Sara Neyrhiza di segmen Inspirasi Pagi, Program Gesma Kirana.
Kamis, 5 April 2018
Pukul 09.00- 10.00 WIB
97.6 GESMA FM 

Baca Juga : #SKYTALK Episode 1 Cara Mendapatkan Uang dari Blog

Baca Juga : #SKYTALK Episode 2 Tips Menjadi Guru Masa Kini

***

Hai, kali ini NEYRHIZA.COM berkolaborasi bersama PIN BUTTON .CO untuk mengadakan 

#SKYTALK GIVEAWAY PART 1!


Caranya?

1. Jawab pertanyaan berikut ini pada kolom komentar. Sertakan nama lengkap dan akun instagrammu

" Apa saja sih manfaat instagram buatmu?"


2. Follow akun instagram @neyrhiza dan @pinbutton.co

Akan dipilih pemenang dengan "jawaban menarik" yang akan mendapatkan PRODUK FASHION dari neyrhiza.com dan Pin Button.co . Biaya pengiriman ditanggung penyelenggara. 
Keputusan pemenang tidak dapat diganggu gugat ya..

#SKYTALK GIVEAWAY PART 1 ini berlangsung mulai tangga 8-13 April 2018.

Pengumuman pemenang tanggal 15 April 2018 di www.neyrhiza.com


SEMOGA BERHASIL! :)




21 comments on "Cara Efektif Promosi Melalui Instagram"
  1. Nama : Arinta Adiningtyas
    Instagram: @arinta.adiningtyas

    Apa manfaat Instagram untuk saya? Sejauh ini manfaat yang saya rasakan cukup banyak.
    1. Menambah income. Sejak awal membuat akun Instagram, saya sudah menggunakannya untuk berjualan. Dari mulai mukena, cilok sampai buku. Selain itu, ketika followers sudah cukup banyak dan telah memenuhi syarat untuk ikut menjadi buzzer suatu produk, saya juga mendapatkan benefit baik berupa uang maupun barang.

    2. Mendapatkan ilmu. Saya memfollow beberapa akun yang menurut saya bagus untuk disimak kontennya. Beberapa tulisan di blog saya bahkan bersumber dari akun ini.

    3. Mengasah kreativitas.
    Sedikit demi sedikit, saya mulai belajar untuk memperbaiki kualitas foto hingga kualitas caption. Apalagi jika foto yang saya unggah adalah sebuah produk berbayar. Otomatis, saya belajar juga bagaimana agar followers saya tertarik dengan produk yang saya promosikan.

    4. Menyimpan momen. Tak selalu tujuan mengunggah foto di Instagram itu untuk pamer. Saya menggunakan Instagram untuk menyimpan sebuah peristiwa yang terjadi di hidup saya, entah itu bersama keluarga atau bersama teman-teman. Biar nggak lupa. 😊

    So far, Instagram sangat bermanfaat untuk saya. 😊

    ReplyDelete
  2. Instagram buanyak banget manfaatnya buat saya, setidaknya ada 5 hal:

    1. Mini blog bergambar: IG bisa menjadi mini blog bergambar dimana caption dan tagar menjadi konten dari sebuah gambar yang kita unggah. Biasanya saya membubuhkan tagar #BlogstagramAyaa untuk mendokumentasikan sebuah cerita.

    2. Menghasilkan pundi-pundi uang. Selain blog, IG juga bisa mendatangkan income buat saya melalui endorse produk, ikut GA atau kuis dan kemudian menang dan kompetisi foto IG yang biasanya diadakan waktu menghadiri event.

    3. Personal branding. IG juga saya gunakan sebagai personal branding yang juga mempromosikan blog pribadi. Jadi adanya insta story, bisa dengan mudah mengupdate kegiatan sehari-hari, blog post atau memasang achievement yang diperoleh di bagian "sorot". Dan menurut saya itu bisa mem-branding dan memperomosikan diri sendiri secara tidak langsung.

    4.Sharing is caring. IG juga menjadi ajang sharing tentang keseharian dan beberapa kali ada netizen yang DM untuk diskusi mengenai gambar/konten yang saya unggah. Misal: saya pernah memposting tentang penanganan TB Paru Bapak, mulai dari diagnosa awal hingga pengobatan usai selama 9 bulan. Ternyata ada yang menemukan cerita di IG saya melalui hastag dan DM untuk bertanya hal2 yg berkaitan dengan penyembuhan TB. Yes, IG menjadi media sharing for caring.

    5. Jual beli lebih mudah. Berkaitan dengan topik ini, saya akui kalau IG menjadi tempat promosi jual beli produk yang efektif. Tempo hari saya menjual hp dan dalam waktu 1 hari banyak yang menawar. Sorenya sold out dengan harga penawaran tertinggi.

    At the end, sukses selalu buat neyrizha.com dan pinbutton.co :)
    Tema skytalk kali ini mencerahkan!

    ReplyDelete
  3. Ah lupa.
    Nama: Ayaa
    Akun IG: @cahayatheprinces

    ReplyDelete
  4. Selama ini instagram bagiku jadi tempat menyimpan foto kenangan, sharing kid's activity juga untuk mempromosikan tulisan di blog.
    Ratna Prasetyo - @lik_nana

    ReplyDelete
  5. Ade Delina Putri
    Instagram: @adedelinaputri (http://instagram.com/adedelinaputri)

    Dulu aku pakai Instagram hanya untuk share-share foto aja bahkan terbilang seadanya. Tapi makin ke sini aku makin sadar untuk merapikan feed instagramku. Karena Instagram bagiku bukan lagi sekedar untuk sharing foto apalagi dengan caption yang seadanya. Tapi juga bagaimana agar orang yang melihat juga nyaman.

    Jadi manfaat Instagram selain untuk sharing momen dengan foto atau gambar, juga mengasah kemampuan nulisku yang kebanyakan tentang perenungan hidup dengan kata-kata yang melow (melow bagiku tentunya hehe). Sering juga aku bikin quote dengan aplikasi lalu kuunggah di Instagram.

    Lalu aku juga mulai memanfaatkannya untuk sumber pendapatan tambahan. Karena profesiku sebagai blogger sangat erat kaitannya untuk menjadi reviewer atau buzzer.

    Yang terakhir, Instagram bagiku mengabadikan setiap perjalanan mulai dari diriku sendiri, anak-anak, keluarga, sampai buku-bukuku juga kuabadikan di sana.

    Jadi harapanku semoga Instagram berumur panjang. Dan setiap orang yang mampir ke akunku, mendapatkan sesuatu walaupun setitik saja.

    ReplyDelete
  6. Nama : Faisol Abrori
    IG : @faisol_abrori77
    Sebagai media personal branding blogger sih mbak, juga buat ngukur engangement, kan Blogger nya sendiri influencer untuk brand-brand, sehingga kita harus bisa menghasilkan konten yang bagus, agar bisa di monetize.

    Sharing-sharingnya menarik mbak...

    ReplyDelete
  7. Saya baru tahu lho Mba, IG bisa diubah pengaturannya dari personal k bisnis. Jadi pengen juga bikin kayak gitu buat promosin buku karya sendiri ya wkwkwk. Tapi sayangnya buku saya belum keluar. Ya nggap apa2 kalau nanti karyanya udah banyak jadi punya IG bisnis juga 😉

    ReplyDelete
  8. Nama :Wiwied Widya
    IG : @widya_narendra

    Manfaat instagram untuk saya:
    1. media bersosialisasi : Sebagai ibu rumah tangga, waktu dan kesempatan saya untuk bergaul dengan dunia luar sedikit terbatas. Tapi melalui instagram saya merasa bisa terkoneksi dengan dunia luar, bahkan jangkauannya jauh lebih luas daripada dulu. Saya bisa mendapatkan informasi dan berkomunikasi dengan teman-teman yang ada di belahan bumi lain.

    2. Sumber informasi dan inspirasi : IG jadi salah satu medsos yang pertama kali saya buka untuk mencari rujukan tentang informasi tertentu. Mulai dari informasi yang ecek2 seperti gosip artis, hingga informasi seputar dunia politik. Bahkan melalui IG, saya juga mendapat inspirasi tulisan, resep masakan dan DIY craft

    3. Galeri memori : akun IG saya awalnya dibuat untuk menyimpan foto2 si kecil supaya nggak hilang. Kebetulan dulu, saya dan suami menjalani LDM, so IG jadi salah satu media saya untuk "melaporkan" perkembangan si kecil pada suami, yang bekerja diluar kota.

    4. Personal branding : untuk manfaat yang satu ini, saya masih dalam tahapan belajar. pelan-pelan akun IG saya arahkan untuk menampilkan citra diri sebagai seorang lifestyle blogger. Foto2 yang diunggah di IG juga diselaraskan dengan artikel2 yang ada di blog.

    5. Shopping : belanja lebih mudah karena ada instagram. Tiap kali mau belanja online di marketplace biasanya saya ngecek kredibilitas toko melalui akun IG nya sih. Karena di marketplace, keterangan produk dan testimoni kan tidak diunggah. jadi saya manfaatkan IG untuk mengecek lebih jauh track record penjual dan barang yang dijual.

    Beruntung banget deh hidup di zaman now. Di masa setelah instagram diciptakan. hidup yang mudah jadi makin mudah. Sukses buat mak Sara dan pinbutton.co ya. Btw, saya udah lama lho kepoin akun IG -nya pinbutton.co



    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. Nama : Anita
    Ig : @n_a.nita

    Manfaat ig untuk saya
    1. Tempat mendapat informasi
    2. Mencari berbagai hal menarik
    3. Untuk mengikuti kuis
    4. memperluas jaringan pertemanan.

    ReplyDelete
  12. Witri Prasetyo Aji
    @witri_nduz

    Manfaat instagram buat aku :
    1. Aku mulai dari awal bikin IG, buat mengabadikan foto2 ajah.

    2. Buat stalking online shop, hahaha

    3. Buat nyari temab lama, kayak temen SMP atau SMA

    4. Buat hiburan kayak ngepoin akun gosip

    5. Buat ladang rejeki. Ngebuzzer gitu hlo Mak...

    6. Buat lapak promosi. Ya promosi buku, yaa promosi postingan blig

    7. Buat tempat belajar motret. Jadi aku juga suka kepoin akun selebgram gt dech..

    Buat aku pribadi, IG itu banyak banget manfaatnyaa...

    ReplyDelete
  13. Witri Prasetyo Aji
    @witri_nduz

    Manfaat instagram buat aku :
    1. Aku mulai dari awal bikin IG, buat mengabadikan foto2 ajah.

    2. Buat stalking online shop, hahaha

    3. Buat nyari temab lama, kayak temen SMP atau SMA

    4. Buat hiburan kayak ngepoin akun gosip

    5. Buat ladang rejeki. Ngebuzzer gitu hlo Mak...

    6. Buat lapak promosi. Ya promosi buku, yaa promosi postingan blig

    7. Buat tempat belajar motret. Jadi aku juga suka kepoin akun selebgram gt dech..

    Buat aku pribadi, IG itu banyak banget manfaatnyaa...

    ReplyDelete

You made it all the way here! Thanks for reading. :)
Please leave your comment below.

Auto Post Signature