Batam, Kota Kecil dengan Sejuta Cerita

11.4.18
Selama ini kita mengenal Batam sebagai kota kecil dengan berbagai macam industri, mulai dari yang berskala nasional hingga internasional. Tidak hanya itu, Batam juga dikenal memiliki banyak mal dan pusat perbelanjaan dengan harga barang yang murah serta terjangkau.

Soal pariwisata, kita juga tidak perlu sangsi. Bentang alam Batam yang terdiri dari lembah, perbukitan, pantai, dan pulau, membuat kota ini memiliki beberapa tempat wisata menarik dan memesona. 

Mengejutkan bukan? 

Mengingat Batam hanya sebuah kota kecil yang terletak di timur Pulau Sumatera dan jauh dari Jakarta.
 
Source : tribunnews

Sejarah Batam

Sejarah kota kecil ini dimulai sejak tahun 231 Masehi. Kota yang dulunya bernama Pulau Batang tersebut, hanya dihuni oleh sebuah suku bernama Orang Laut atau Orang Selat yang diduga sebagai penghuni asli dari ras Melayu. 

Pada akhir abad ke 14, Batam dipimpin oleh Laksamana Hang Nadim dengan pusat pemerintahan di Bentang atau yang sekarang kita kenal sebagai Pulau Bintan.

Pemerintahan lalu beralih ke Sultan Johor hingga abad ke 18 dan beralih ke Kesultanan Riau Lingga sejak kerajaan tersebut dibentuk oleh Yang Dipertuan Muda Riau. Hingga akhir kejayaan Kerajaan Melayu pada tahun 1911, Batam masih dipimpin oleh Raja Jaafar. 

Sejak Belanda masuk, kesultanan pun dihapus dan pemerintahan diambil alih oleh Hindia Belanda pada tahun 1913. 


Batam Kota Industri

Perkembangan kota ini sebagai kawasan industri dimulai sejak tahun 1960 an. Saat itu Batam ditunjuk sebagai Basis Logistik Minyak Bumi dan berpusat di Sambu. Pada tahun 1970, Batam berdiri sebagai kawasan industri mandiri yang didukung oleh Badan Otorita Batam (BOB) bentukan pemerintah.

Sejak tahun 1990, kota ini disahkan menjadi daerah otonomi dan menjalankan fungsi pemerintahan yang bekerja sama dengan BOB. Saat ini, Batam merupakan sebuah kota mandiri dengan kawasan industri besar yang masuk dalam wilayah Kepulauan Riau dan berpusat di Tanjung Pinang.


Hal Unik yang Hanya Ada di Batam

Industri bukan satu-satunya daya tarik pada kota kecil ini. Batam juga memiliki beberapa hal unik yang belum tentu bisa kita temukan di kota lain. Berikut ulasannya!

1. Jodoh

Tidak perlu galau jika jodohmu tak kunjung datang. Di Batam, kamu bisa menemukan jodoh dengan mudah. 

Karena Jodoh di kota ini merupakan nama sebuah tempat. 

Ya, Jodoh merupakan salah satu kawasan niaga teramai dan terpadat selain Nagoya atau Batam Center. Di sini kamu tidak hanya akan melihat gedung-gedung bertingkat, tetapi juga beberapa pusat perbelanjaan menarik. 

2. Banner Raksasa

Pernah melihat banner legendaris Holywood yang biasanya ada pada film atau serial televisi Amerika serikat? 

Jika belum, di Batam kamu bisa menemukan banner serupa yang bertuliskan “Welcome to Batam.” Tulisan sekaligus ikon kota Batam tersebut terpasang di Bukit Clara, Batam Center, yang berjarak sekitar 300 meter sari Engku Putri. 

Batam Center sendiri merupakan pusat pemerintahan dan permukiman warga Batam.


3. Mobil Impor Murah

Jika biasanya kamu hanya mencari barang elektronik limpahan dari Singapura di Batam, mulai saat ini alihkan perburuanmu ke mobil impor. 

Ya! Batam merupakan tempat paling mudah untuk mencari mobil impor murah karena status free trade zone-nya (FTZ). Status ini membuat mobil impor yang dijual di batam bebas pajak PPN dan PPnBM.

Jadi gimana, kamu tertarik mengunjungi Batam? 

Jika iya, pastikan promo tiket pesawat liburan kali ini kamu dapatkan dari Airy. Karena selain praktis dan efisien, kamu juga akan mendapatkan tiket dengan harga terbaik. 

Cukup dengan mengakses website Airy melalui PC, gawai Android atau Apple dan laptop, kamu bisa memesan sekaligus membeli tiket dengan mudah.

 Menarik bukan? Yuk liburan ke Batam segera!

9 comments on "Batam, Kota Kecil dengan Sejuta Cerita "
  1. Oya, di Batam bisa mudah dapat jodoh 😁
    Baru tau,kak .. hehehe ...

    Posisi geografis Batam strategis ya, ke Singapore tinggal nyebrang.
    Denger-denger, barang2 impor murah ya disana ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih...baru tahu juga ada tempat namanya Jodoh..hihih

      Delete
  2. tertarik sama mobil murahnya tuh xixixi..

    ReplyDelete
  3. Kalau Batam aku langsung ingat sama tas batam yg cantik-cantik 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. cantik cantik harga bersahabat ya...mulai dari yang ori sampe kw-an

      Delete
  4. Kalau Batam aku langsung ingat sama tas batam yg cantik-cantik 😁

    ReplyDelete
  5. Ke nagoya mall mkn siang , bnyk orang luar, jd serasa di luar negri

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah..menarik ini..mesti harus bawa banyak uang saku

      Delete

You made it all the way here! Thanks for reading. :)
Please leave your comment below.

Auto Post Signature