Gampang Banget! 5 Tips Ini Membuatmu Tampil Cantik dan Sehat Saat Berpuasa. Sudah Coba?

28.5.18

Nggak bisa dipungkiri, jika Bulan Ramadan mengubah beberapa kebiasaan dalam pola makan. Seperti saya misalnya, yang masih merasa sulit untuk mencukupi kebutuhan asupan air putih selama berpuasa. Salah satu dampak yang terlihat adalah kulit terasa kering, terutama pada bibir. Terkadang sampai terasa perih karena lapisan bibir mengelupas.

Jelas hal ini membuat tidak nyaman.

Beribadah puasa, harusnya tidak mengurangi concern kita terhadap kesehatan (juga) kecantikan. Kita tetap bisa tampil cantik dan sehat karena aktivitas sehari-hari yang berkurang. Termasuk ketika bekerja dan bertemu banyak orang.

Ngobrolin soal cantik dan sehat, saya sengaja banget nih mengundang Mbak Fajrina Addien seorang beauty blogger dan koordinator Rumah Belajar Beutyfying di Komunitas Ibu Profesional Solo Raya di program talkshow yang saya ampu, Gesma Kirana di Radio Gesma FM Kartasura. Selama satu jam, kami membahas beberapa tips dan trik untuk tetap tampil cantik sekaligus sehat selama menjalani ibadah puasa.

Seperti apa tipsnya, yuk baca penjelasannya di bawah ini!


Tips Cantik dan Sehat Selama Berpuasa


1. Jalankan ibadah dengan ikhlas


Poin pertama ini langsung mengena banget buat saya. Mbak Addien menjelaskan, jika cantik itu sinergi antara inner beauty dan outer beauty.

Seseorang yang menjalankan ibadah dengan baik, akan memancarkan aura cantik dari dalam. Bagaimana basuhan air wudhu yang mengusap wajah kita, seolah merefleksikan pembersihan terhadap jiwa yang kemudian membantu memancarkan aura positif dari diri kita.

Well, cantik bukan sekedar enak untuk dilihat namun juga dirasakan. Jadi, penting juga kamu percaya diri "bahwa kamu cantik". Hal ini akan mempengaruhi bagaimana kamu bersikap dan berperilaku untuk terlihat cantik meskipun tanpa polesan make up.


2. Jaga asupan makanan dan minuman



Ini juga tips umum yang selalu hadir ketika ditanya bagaimana agar terlihat cantik dan sehat. Tidak diragukan lagi sayuran dan buah-buahan memiliki kandungan yang diperlukan untuk tubuh termasuk vitamin-vitamin di dalamnya yang membantu menjaga kesehatan.

Selain itu, asupan air putih juga tidak boleh terlewatkan, minimal 8 gelas sehari. Kapan mengkonsumsi air putih yang tepat saat bulan puasa?

Gunakan prinsip 2- 4 - 2 yakni 2 gelas saat berbuka, 4 gelas saat makan malam (makan besar, bisa dilakukan setelah terawih dan sebelum tidur) dan 2 gelas saat sahur.


3. Lindungi kulit saat beraktivitas


Terutama jika beraktivitas di luar ruangan, penggunaan sunblock itu wajib dilakukan. Gunakan sunblock dengan SPF yang cukup. Mbak Addien merekomendasikan untuk memilih sunblock tidak lebih dari SFP 30 untuk melindungi kulit dari sinar matahari jahat, namun tetap ramah dengan kulit.

Baca Juga : Sunscreen Ini Terbaik yang Pernah Saya Coba. Ringan dan Nggak Lengket!

Oiya, kita juga bisa menggunakan facemist lho untuk membuat wajah lebih segar, jika dirasa wajah terasa kering, panas atau beriminyak. Facemist ini juga berguna untuk mengembalikan kelembapan kulit wajah.

4. Atasi bibir kering dengan lip butter


Berbeda dengan lip balm, lip butter memiliki kandungan minyak yang lebih banyak. Seperti saya yang mengalami bibir kering, lip butter ini dapat membantu untuk mengatasinya.


5. Gunakan pakaian yang nyaman


Tips ini berguna banget ketika kamu harus bekerja di luar rumah dan berkeringat karena panas. Jangan gunakan pakaian dan jilbab yang terlalu tebal. Tujuannya, agar keringat dapat terserap dengan baik dan tidak meninggalkan bau tak sedap pada badan. Jadi pastikan menggunakan pakaian dengan bahan menyerap keringat seperti katun.



Yup, tips di atas sederhana dan gampang dilakukan kan? 

Benar sih, untuk tampil sehat dan cantik selama berpuasa itu nggak susah kok, asal kita konsisten dalam melakukannya.

Kalau kamu, apa sih yang dilakukan untuk tetap tampil cantik dan sehat selama berpuasa? Share di kolom komentar yuk..



Catatan Siaran Sara Neyrhiza di segmen Inspirasi Pagi, Program Gesma Kirana bersama Fajrina Addien

Kamis, 24 Mei 2018

Pukul 09.00- 10.00 WIB
28 comments on "Gampang Banget! 5 Tips Ini Membuatmu Tampil Cantik dan Sehat Saat Berpuasa. Sudah Coba?"
  1. ikhlas itu bikin cantik lho. Lah mau dempul setebal apapun kalau hati kemrusung terap lari ke muka kan haha

    ReplyDelete
  2. Aku gak bs minum sesuai rumus 2-4-2 susah banget ga muat xixixi

    ReplyDelete
  3. Saya juga mencoba ikhlas dengan semua dan tetap mensyukurinya. Karena cantik yang sesungguhnya dari dalam hati kan ya?

    Eaaa...

    ReplyDelete
  4. Sangat bermanfaat sekali tipsnya mba. Thanks for sharing. Noted! :)

    ReplyDelete
  5. Nomor 4 nih yang belom aku lakuin. Aku rada susah kalo pake gitu2. Pake lipen aja cuma tahan 1-2 jam. hihihi...

    ReplyDelete
  6. Meskipun puasa untuk bisa tampil cantik dan sehat tetap harus dilakukan salah satunya seperti tips diatas Terima kasih Mbak untuk sharingnya

    ReplyDelete
  7. Belum coba kalo lip butter , suka lupa

    ReplyDelete
  8. Aku pingin denger deh siaran radionya. Puasa nggak boleh jadi alasan tidak merawat diri ya mba, justru bisa banget bikin tetap cantik dan sehat

    ReplyDelete
  9. Lip butter ini apakah sama fungsinya dengan masker baut bibir gtu mbak? Yg mencegah bibir jd menghitam krn kebanyakan pakai lipstick?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau masker harus dibilas mbak..kalau lip butter nggak..dia kaya lipstik tapi biasanya warnanya natural dalam lebih lembab

      Delete
  10. Bener banget tips sesuatu yg d kerjkn dgn ikhlas psti akan trpancar k wajah ya

    ReplyDelete
  11. Thanks for sharing... Tipnya bermanfaat.

    ReplyDelete
  12. bibir kering ini kadang suka lupa dirawat

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang juga lagi ngalamin nih mbak..plus menghitam

      Delete
  13. Replies
    1. jadi penasan ini yang enak dan ngiler di bagian apanya ya? heheh... :D

      Delete
  14. Puasa, kesehatan kulit tetap harus terjaga. Termasuk bibir supaya nggak kering. Tks infonya kakak.

    ReplyDelete

You made it all the way here! Thanks for reading. :)
Please leave your comment below.

Auto Post Signature