Ini Cara Saya Mencari Informasi Dunia Perempuan Untuk Materi Siaran!

11.5.18
Sampai saat ini saya masih menjalani profesi penyiar radio. Profesi ini sangat menyenangkan. Selain dapat menyalurkan passion berbicara, menjadi penyiar radio juga membuka banyak kesempatan bertemu banyak orang baru. Namun tentu saja, setiap pekerjaan memiliki tantangannya sendiri. Seperti menjadi penyiar radio ini. Salah satu tantangannya adalah ketika mencari inspirasi untuk materi siaran.

PORTAL INFORMASI PEREMPUAN

Seorang penyiar terkadang harus sekaligus merangkap sebagai produser. Di sinilah seorang penyiar memiliki tugas  menghasilkan ide-ide segar untuk membuat sebuah program acara radio menjadi menarik.

Kebetulan, program yang saat ini saya produseri dan saya bawakan adalah program untuk target market perempuan. Program ini berdurasi 120 menit dengan 2 segmen acara yang berbeda. Segmen pertama, saya mengangkat topik dunia fashion. Sedangkan segmen kedua berbentuk talkshow yang menghadirkan komunitas atau para praktisi profesional.

Baca Juga : Program Insiprasi Pagi Menjadi Talkshow Terbaik KPID Jateng Award 2018


Sebelum program acara ini dijalankan, seminggu sebelumnya saya harus mempersiapkan berbagai materi siaran. Nah, di saat seperti inilah saya membutuhkan inspirasi untuk menentukan tema yang tepat serta materi-materi pendukung lainnya.

Mencari Inspirasi Untuk Materi Siaran Radio


Pertanyaan ini juga sering ditanyakan oleh teman-teman saya. Bagaimana caranya saya mendapatkan ide untuk materi atau bahan siaran.

1. Obrolan dengan Teman


Sering kali sesi mengobrol atau diskusi dengan teman membawa angin segar yang melahirkan ide-ide baru. Saya jadi memahami apa hal-hal atau isu yang menarik perhatian orang lain. Bertukar pikiran juga membuka wawasan saya. Sesuatu yang tidak menarik bagi saya, ternyata menarik dibenak orang lain. Berdiskusi membuat saya lebih peka akan kebutuhan dan keinginan orang lain.

2. Stalking di Social Media


Bukan hal yang baru bahwa social media mempermudah dalam meriset hal-hal yang menjadi tren. Baik itu tren harian maupun tren mingguan. Melalui social media seperti twitter atau instagram saya juga belajar berita-berita apa saja yang dianggap penting oleh orang lain.


3. Berselancar di Portal Online


Terima kasih kepada internet yang membuat proses mencari informasi lebih mudah. Karena saya membawakan program siaran dengan target pendengar perempuan, maka sayapun mencari informasi-informasi yang relevan di portal online khusus perempuan.

Salah satu portal online yang menyediakan banyak informasi dunia perempuan adalah Glitzmedia.co  

PORTAL INFORMASI PEREMPUAN

Konten di Glitzmedia.co ini memang dekat dengan dunia perempuan seperti style, beauty, wellness, entertainment, relationship dan lain-lain. Berita yang disajikan juga up todate sehingga para perempuan yang membacanya akan bisa mengikuti isu-isu terkini.  Selain itu Glitzmedia.co juga dekat dengan gaya hidup perempuan Indonesia. Sehingga Glitzmedia.co bisa dikatakan sebagai portal perempuan Indonesa yang berwawasan maju dan kekinian.

Nah, itu tadi cara saya mencari inspirasi dan informasi untuk materi siaran radio. Intinya,, seorang penyiar itu harus memiliki wawasan yang terbuka dan mengikuti pekembangan informasi. Sehingga, apa yang disampaikan ke pendengar tidak menjadi berita basi.
20 comments on "Ini Cara Saya Mencari Informasi Dunia Perempuan Untuk Materi Siaran!"
  1. menarik nih tipsnya, kebetulan bulan depan saya ditugaskan untuk membawakan acara talkshow di radio.
    semoga bisa membawakan dengan baik :).
    oh ya, sukses selalu untuk program talkshownya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga lancar juga mbak untuk talkshownya

      Delete
  2. Saya ngga pede dari dulu kalau harus berbicara, karena logat yang ngga asik, suara kayak bapak bapak , cadel dan gagap kalau sudah panik. Bisa jadi penyiar radio itu keren sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. bakat seseorang sendiri-sendiri ya mbak..ada yang suka ngomong, ada yang suka nulis..dinikmati aja mbak

      Delete
  3. Wah baru tahu glitzmedia dot co dari artikel ini. Tapi baik penyiar atau bloger, untuk cari bahan, caranya hampir sam sih menurut saya, mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, mencari dari referensi yang terpercaya

      Delete
  4. Wah, harus banyak wawasan dan update berita terus ya Mbak. Tapi pernah nggak Mbak suatu ketika blank idea? Terus kan harus cepat tuh cari bahan inspirasi obrolan. Biasanya, lalu apa yang dilakukan Mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Melihat dari sekita kita mbak.. Misal lagi blank di depan mata ada gelas, jadi deh ngomongin gelas.. Tapi bener deh, banyak membaca membuat lebih banyak wawasan

      Delete
  5. Cadass.kini makin mudah dgn adanya keriuhan warganet ya kak, bisa banyak ambil ide sana sini.jd bertanya tanya penyiar dulu sblum ada net, sprti apa mengatasi kebuntuan ide ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus rajin baca koran, terus lihat berita tv. Selain tiu ada radio kantor berita bisa juga akses informasi di sana

      Delete
  6. Mbak aku pengen deh dengerin dirimu siaran. Siarannya biasanya dmn dan jam brp? Bisa streaming? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di gesma fm mbak..kamis jam 8 pagi bisa juga akses di gesma fm.com

      Delete
  7. Mantaps nih sharingnya... informasi sebetulnya bisa digali di mana-mana ya Mba asal kita bisa menangkapnya aja :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju mbak..penyiar sama lah dengan blogger ya

      Delete
  8. wah.. saya selalu salut sama penyiar radio.. kok kayak gak pernah kehabisan obrolan banget ya, adaaaaa aja yg diomongin.. hebatttt.. ternyata kayak gini ya triknya, dicoba ahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi jaman sosmed gini mbak..lebih banyak materi2 yang bisa digali

      Delete
  9. Aku tambahin ya. Perjalanan kemanapun bisa jadi materi kata siaran. Dengan membuat pointer-poiternya sebelum eksekusi langsung di udara. Salam ya buat kru radionya mba. Sukses!

    ReplyDelete
    Replies
    1. mencari referensi dari mana saja ya mbak. Jadi memang penting, nyiapin notes di tas

      Delete
  10. wah di atasku komen penyiar radio juga,mba @Gita Siwi. Selalu senang mendengar bahasan dunia penyiar radio, seru..

    ReplyDelete
    Replies
    1. serunya, adalah ngomong di bayar mbak..hihihi

      Delete

You made it all the way here! Thanks for reading.
Please leave you comment below.

Auto Post Signature